Kanker Kandung Kemih - Ciri-ciri, Gejala dan Penyebabnya

Kanker kandung kemih yaitu pertumbuhan jaringan tidak normal atau tumor pada dinding kandung kemih yang sifatnya ganas. Fungsi organ ini sendiri adalah menampung urine sebelum disalurkan keluar tubuh saat buang air kecil. Sel kanker dapat menyebar ke otot-otot di sekitar organ ini. Hal ini harus segera berkonsultasi dengan dokter jika ada darah dalam urine, meskipun tidak terasa sakit.

Diagnosis Kanker Kandung Kemih

iklanalt=

Diagnosis yaitu langkah dokter untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi yang menjelaskan gejala dan tanda-tanda yang dialami oleh pasien. Pengujian yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis adalah :

-Sistokopi. Prosedur dimana kamera kecil yang dipasang pada selang halus disertai lampu dan digunakan sebagai pemeriksa kandung kemih anda.
-Tes Pencitraan. pengambilan gambar detail oleh dokter dengan CT scan, urogram intravena, atau MRI.
-Biopsi. Sampel jaringan diambil oleh dokter untuk diuji. Prosedur ini dikenal dengan singkatan TURBT ( transurethral resection of bladder tumor ).

Jenis Kanker Kandung Kemih yang Dapat Dibedakan Melalui Stadium, atau tingkatan keparahan sebagai berikut:

Stadium 1: Kanker berada pada dinding bagian dalam dan belum menyebar ke bagian lainnya.

Stadium 2: Kanker telah menembus seluruh lapisan dinding, tapi bersifat lokal dan hanya mengenai kandung kemih saja.

Stadium 3: Sel kanker menyebar melalui dinding kandung kemih ke jaringan yang berada di sekitarnya.

Stadium 4: Kanker menyebar ke kelenjar getah bening dan organ lain seperti tulang, hati, dan paru paru.

Penderita kanker ini umunya adalah orang yang berusia lanjut. Memiliki risiko cukup besar untuk kambuh kembali, dan harus mengikuti pengujian lanjutan atau segera ditangani.

Kandung kemih adalah otot berongga yang dikelilingi oleh pinggul atau daerah yang disebut panggul. Kanker kandung kemih yaitu penyakit yang menyerang daerah tersebut. Ciri-ciri kanker ini memberikan efek yang tidak bisa diabaikan wanita, karena berhubungan langsung dengan daerah vital. Biasanya terjadi infeksi oleh bakteri yang naik dari vagina dan rektum yang kemudian ke uretra naik ke kandung kemih. Terletak di bawah selaput perut, di depan pada perut bawah. Bila berisi, menonjol ke atas di perut. Ke bawah, beralih ke dalam uretra (air tabung seni). Seputar hubungan antar kandung kemih air seni, terletak sebuah otot sirkuler, yaitu otot penutup dari kandung kemih.

Ciri-ciri Kanker Kandung Kemih Pada Stadium Awal

Kanker Kandung Kemih

Jika anda terserang penyakit kanker ini, akan timbul pendarahan dalam urin atau yang disebut dengan hematuria. keadaan seperti ini harus di waspadai karena hal ini terjadi maka dalam kandung kemih anda telah terdapat sel kanker yang mematikan.
Selain itu, anda juga akan sering merasa ingin buang air kecil namun tidak bisa mengeluarkan kencing. Bila sering buang air kecil itu patut dicurigai bahwa anda mengalami gejala kanker yang sama, terutama wanita.

Ciri lainnya yaitu timbulnya luka pada kandung kemih, timbul rasa nyeri saat buang air kecil, dan penyumbatan yang terjadi akibat adanya sel kanker dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang sehingga fungsi ginjal pun terganggu. Kanker ini dapat timbul karena seseorang mengkonsumsi rokok dan makanan berbahan kimia atau pewarna anilin. Jadi janganlah makan sembarangan, sayangi diri anda sendiri dan segeralah untuk minta ditangani jika tidak mau gejala-gejala ini ada di diri anda.

Itulah beberapa ciri-ciri kanker kandung kemih, jika Anda merasakan gejala-gejala yang timbul seperti ciri diatas maka segeralah melakukan tes kesehatan agar dapat ditangani serta supaya kondisi kanker masih dalam stadium awal. Karena dalam tingkatan ini akan lebih mudah mengobatinya.

Gejala kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih yaitu tumor ganas yang paling umum dalam system kemih dan mengacu pada mukosa kandung kemih . Pada sel epitel mukosa disebut kanker urothelial dihasilkan oleh sel-sel urotheliel disebut karsinoma urothelial, menempati kedudukan 90%-95% dari semua kanker yang paling umum ditemukan. Diseluruh dunia kanker ini menempati kedudukan sebesar 3% dari semua tumor ganas. kanker kemih dapat terjadi pada usia menginjak 50-60 tahun dan setiap tahunya lebih dari 350.000 orang divonis kanker. tingkat terjadi pada laki-laki adalah 3-4 kali pada perempuan.

Stadium awal pada kanker sering kali tidak bergejala. Penderita kanker ini baru menyadari saat ada darah dalam urinnya. Biasanya kanker ini sering terjadi pada usia >40 tahun, terutama laki-laki. Tanda-tanda kanker kandung kemih yaitu :

- Mengalami nyeri saat buang air kecil tanpa indikasi ISK
- Adanya Darah dalam urin atau hematuria
- Sering buang air kecil
- Nyeri dibawah punggung.

Penyebab Kanker kandung kemih

Penyebab ini sama dengan penyebab kanker lain pada umumnya. Walaupun ada beberapa dugaan faktor resiko namun penyebab pasti munculnya kelainan sel abnormal menjadi kanker yang tidak diketahui, karsinogen diduga menjadi penyebab utama, termasuk faktor genetik, usia, pola hidup dan beberapa faktor lain seperti di bawah ini :
> Usia tua
> Jenis kelamin, pria tiga kali lebih beresiko terserang kanker kandung kemih dibandingkan dengan wanita.
> Keturunan dan genetik
> Sejarah kanker yang pernah dialami>
> Adanya peradangan kandung kemih atau penyakit saluran kemih lainnya.>
> Cacat bawaan, orang yang lahir dengan cacat bawaan lebih beresiko.
> Asap, paparan asap seperti asap orang merokok.
> Paparan bahan kimia.
> Diet, orang-orang cenderung makan banyak daging dan lemak diyakini memiliki risiko tinggi terkena kanker kandung kemih.
> Aristolochi fangchi, tanaman ini telah digunakan di beberapa suplemen makanan dan obat herbal cina. Dilakukan penelitian pada tikus yang terkena kanker ini.

Demikian infomasi seputar pengertian tentang penyakit kanker kandung kemih. Jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak disebarkan sebagai informasi kesehatan dan berguna bagi teman anda.