Kelenjar Getah Bening - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Kelenjar getah bening yaitu gumpalan jaringan, kira-kira seukuran kacang dan merupakan rumah bagi banyak sel darah putih. Kelenjar ini terdapat di seluruh tubuh dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi ketika tubuh merespon terhadap infeksi atau peradangan. Kelenjar ini juga bisa membengkak dalam penyakit autonium seperti rematoid artritis dan juga kanker. Pembengkakan akan mereda seiring kondisi anda pulih dari penyakit.

iklanalt=


Area yang kerap mengalami kondisi ini adalah ketiak, daerah di bawah dagu, pangkal paha, dan leher. Pembengkakan kanker ini disebabkan oleh infeksi ringan, biasanya akan pulih dengan sendirinya. Tapi jika anda mengalami kondisi seperti dibawah ini, disarankan anda untuk memeriksa diri ke dokter, diantaranya :

- Kelenjar terasa keras saat di tekan.
- Kelnjar membengkak tanpa sebab yang jelas, terutama ketika kondisi anda sedang bugar.
- Kelenjar telah membengkak lebih dari dua minggu.
- Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
- Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
- Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit untuk menelan atau bernapas.

Jenis Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker limfoma adalah sel kanker yang menyerang sistem limfatik. Dalam sistem limfatik terdapat cairan seperti susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang mengalir keseluruh tubuh melewati pembuluh darah. Kanker ini dibagi menjadi 2, yaitu :

> Limfoma hodgkin's
Jenis kanker yang di tandai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening, namun tidak menimbulkan rasa sakit. Pembengkakan ini terjadi karena virus atau bakteri.

LImfoma non hodgkin's
Jenis kanker yang semakin ganas.Risiko terjadinya limfoma non hodgkin’s akan bertambah dengan bertambahnya usia. Usia penderita yang terjangkit penyakit ini adalah orang yang berusia di atas 60 tahun. Penjelasan di atas memberitahu kita agar tetap waspada apabila penyakit ini terjadi pada tubuh kita, dan jangan sampai pembengkakan yang tidak semestinya timbul pada tubuh kita. Lalukan penanganan dan pengobatan segera agar tidak membuatnya semakin parah.

Ciri-Ciri kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker ini sering disebut dengan limfoma, ini merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker. Ciri ciri kanker ini dapat kita definiskan berdasarkan lokasi, jenis, dan ciri ciri umumnya. Kanker ini muncul ketika kelenjar getah bening bagian tertentu dari tubuh manusia terinfeksi dan membengkak sebagai mekanisme pertahanan dari kelenjar getah bening itu sendiri.

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Lokasinya

- Kanker Pada Bagian Perut
Proses pembengkakan kanker ini memaksa dan meyesaki oto perut, sehingga membuat bagian perut menjadi terlihat membengkak. Hal ini dapat menyebabkan beberapa hal lain, seperti :
> Sakit pada bagian perut
> Nausea, rasa sakit tidak nyaman di perut ( ingin muntah )
> Muntah-muntah

- Kanker limfoma pada bagian dada
Hal ini akan membuat sesak nafas dan kesulitan bernafas. Selain itu kelenjar getah bening pada bagian ini juga dapat mendesak bagian superior vena cava yang bertugas mengalirkan darah. Dan dapat menimbulkan :
> Pusing pada kepala
> SVC syndrome, gejala peyumbatan vena.

- Kanker limfoma pada bagian kulit
Pada daerah apabila mengalami pembengkakan, akan terlihat, dan penderitanya akan merasakan hal berikut :
> Gatal-gatal
> Benjolan berwarna merah atau biru di bawah kulit.

- Kanker limfoma yang menyerang bagian otak
Penyakit ini yang berada pada bagian otak disebut primary brain lymphoma, dan dapat menyebabkan hal-hal berikut ini :
> Sakit kepala
> Masalah dalam berfikir
> Kelemahan pada bagian-bagian tubuh
> Perubahan kepribadian

Jika anda merasakan adanya ciri-ciri penyakit ini, segeralah untuk meminta ditangani medis sehingga kanker ini dapat segera diatasi. Sekalipun ciri-ciri penyakit ini sudah terlihat jelas, periksa ke dokter untuk melihat stadium yang telah bersarang dalam tubuh anda.

Penyebab dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakakn pada penyakit ini, salah satunya yaitu infeksi lokal atau infeksi di sekitar kelenjar yang bengkak. Kelenjar yang membengkak di area tersebut akan terasa lunak dan sakit. Contoh umum infeksi seperti infeksi telinga, abses gigi, pilek, radang pita suara, radang amandel, dan infeksi kulit selulitis. Pembengkakan kanker ini juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, misalnya campak Jerman dan demam kelenjar. Rubella adalah virus yang menyebabkan campak Jerman. Rubella menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, kepala, dan belakang telinga. Dan untuk kondisi demam kelenjar, biasanya pembengkakan terjadi pada daerah leher.

Ada beberapa penyebab pembengkakan penyakit ini yang tergolong jarang, seperti :

- Rematoid artritis, sama seperti penyakit lupus, namun pada kondisi ini yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh hanyalah jaringan yang melapisi sendi. Penderita menjadi sulit untuk bergerak dan mengalami gangguan pada tulang dan tulang rawan.

- Campak, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit penderitanya muncul bintik-bintik berwarna merah atau cokelat.

- Penyakit lupus, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sendi, organ, kulit, dan sel darah sehingga penderitanya mengalami nyeri, rasa lelah, dan ruam pada kulit.

Gejala-Gejala Kanker Getah Bening

Gejala umum yang dirasakan penderita kanker ini meliputi pembengkakan pada leher, ketiak, atau pangkal paha. berikut penjelasannya :

- Hodgkin's
Jenis limfoma yang ditandai denga pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Faktor resiko terkena kanker getah bening jenis hodgkin's :

> Pria atau wanita usia 15-38 dan usia diatas 50 tahun.
> Kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh ( sel-T ) meskipun produksi antibodi normal.

gejala untuk yang terkena kanker jenis hodgkin's :

> Pembengkakan menyeluruh di sekujur tubuh: leher, ketiak, dan lipat paha ( tidak terasa nyeri ).
> Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan badan turun.

- Non-Hodgkin
Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:

> Pembesaran kelenjar getah bening.
> Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus dileher dan sekitarnya menjadi kemerahan.

Hingga kini penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Ada empat faktor kemungkinan yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan tubuh, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). Itulah beberapa penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening. Kita harus waspada terhadap apa yang terjadi pada tubuh kita, jangan biarkan pembengkakan penyakit ini terjadi sampai parah pada tubuh anda.

Pengobatan Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening

Tubuh kita memiliki jaringan pembuluh getah bening dan kelenjar getah bening yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Tugas pembuluh getah bening bertugas mengumpulkan cairan, bahan limbah, dan hal lain (seperti virus dan bakteri) yang berada di jaringan tubuh, tepatnya diluar aliran darah. Kanker ini adalah struktur kecil yang bekerja sebagai filter bagi zat-zat berbahaya di dalam tubuh, jumlahnya ratusan yang masing-masing mengandung sel-sel kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan infeksi dengan menyerang dan menghancurkan kuman.

Kelenjar getah bening normal adalah struktur kecil, tetapi ketika ada infeksi, radang, ataupun kanker, kelenjar ini bisa menjadi sangat besar. Jika pembekakan disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh, maka pengobatan akan ditargetkan langsung pada kondisi yang mendasarinya tersebut. Untuk kanker, pengobatan akan tergantung pada jenis kanker tersebut.

Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening.

Penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker yang perlu diwaspadai dan cukup menakutkan karena dapat berujung pada kematian. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja akan tetapi lebih sering terjadi pada seeorang yang telah memiliki usai diatas 60 tahun tapi terkadang penyakit juga bisa menyerang seseorang yang memiliki usia muda.

Salah satu faktor utama yang dapat menimbulkan penyakit kanker kelenjar getah bening ini ialah makanan yang sering atau biasa kita makan. Hindari makanan yang terlalu memakai MSG dan bahan pengawet. Mereka yang gemar memakan makanan seperti lebih mudah terkena penyakit ini. Perbanyak mengkonsumsi air putih serta hindari asap rokok ( perokok pasif), rajin berolahraga dan sering melakukan pemeriksaan kesehatan anda terutama bagi anda yang memiliki riwayat menderita kanker ini. Jika anda berusia setengah baya atau lebih tua, segera periksakan diri ke dokter spesialis THT (telinga,hidung, dan tenggorokan) jika mengalami pembengkakan secara terus-menerus pada area leher. Karena jenis kanker lainnya, bisa menyebabkan pembengkakan tersebut.

ekstrak kulit manggis dan sirsak yang diolah secara modern yang terbuat dari kulit manggis dan daun sirsak. Khasiat dan manfaat di dalam kulit manggis terdapat kandungan antioksida super tingggi atau disebut juga Xanthone yang mempunyai kemampuan menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, dapat menetralkan dan membuang zat berbahaya dalam tubuh, melancarkan peredaran dan siklus darah dalam tubuh, mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dan didalam daun sirsak terdapat kandungan yang dijadikan obat kemoterapi dengan daya kerja 10.000 kali lipat serta mampu bekerja secara selektif. Khasiat dan manfaat lainnya daun sirsak bagi kesehatan yakni mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mampu menjaga dan memelihara ginjal dan jantung serta mengandung zat antioksida alami yang mampu mengatasi berbagai penyakit.

Demikianlah sekilas tentang pengobatan herbal kanker kelenjar getah bening, mungkin anda bisa menggunakan informasi diatas sebagai langkah anda untuk mengobati kanker kelenjar getah yang anda alami.