Kanker Mulut - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Kanker mulut sebenarnya bukan jenis penyakit yang populer. Dikatakan bahwa penyakit ini hanya 2% dari seluruh kasus kanker di dunia. Setidaknya ada 640 ribu pasien kanker mulut di tiap tahun menurut data organisasi dentalhealth. Kanker mulut yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Misalnya bibir, lidah, gusi, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Penyakit ini dapat menyebar langsung ke jaringan-jaringan di sekitarnya atau melalui kelenjar getah bening. Penyakit ini termasuk kanker yang jarang terjadi. Sebagian besar kanker ini menyerang lansia berusia 50-75 tahun dan lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Penyakit ini juga dapat terjadi pada kalangan muda, terutama akibat infeksi HPV ( human papillomavirus ).

Kanker ini berkembang dalam setiap bagian rongga mulut atau orofaring. Kebanyakan penyakit ini dimulai di lidah dan di dasar mulut. Hampir semua penyakit ini berawal dari dalam sel datar yang menutupi permukaan, lidah, dan bibir. Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbul daging pada lidah. Kanker yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Sedangkan kanker yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak. Ketika kanker menyebar oral atau disebeut juga metastasizes, biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Kanker sel-sel yang memasuki sistem limfatik yang terbawa oleh getah bening, cairan, jelas berair. sel-sel ini muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat dileher. Sel ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh. Jika kanker ini menyebar ke paru-paru, sel kanker di paru-paru sebenarnya sel kanker mulut. Penyakit ini metastasis kanker mulut bukan kanker paru-paru. Dokter kadang menyebut tumor " jauh " atau penyakit " metastasis ".

Jenis Kanker Mulut

iklanalt=

Kanker mulut yang paling umum terjadi yaitu karsinoma sel skuamosa. Sekitar 90% pengidap kanker jenis ini. Jenis kanker lainnya adalah melanoma oral ganas dan adenokarsinoma. melanoma oral ganas yaitu kanker yang berkembang dari sel melanosit, dan adenokarsinoma adalah kanker yang menyerang kelenjar air liur. Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui apa itu kanker mulut karena penyakit ini jarang kita alami, tapi tidak ada salahnya kita mengenal kanker ini. Informasi singkat ini bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi kesehatan anda dan juga bisa bermanfaat bagi teman anda.

Ciri-Ciri Kanker Mulut

Kanker Mulut

Meski jumlah kasus dalam penyakit ini tergolong rendah, tetapi dikatakan penyakit ini termasuk jenis kanker yang paling mematikan. Peringkat kematiannya berada di posisi ke 11 di dunia. Ini karena tingginya kasus kematian terhadap pasien kanker mulut di dunia. Sebelum seseorang dinyatakan mengidap sebuah penyakit, pastinya orang tersebut akan terlebih dahulu merasakan gejala-gejala yang tidak beres atau tidak normal dalam dirinya. Begitu juga dengan orang yang menderita penyakit kanker mulut. Penderita penyakit ini dapat merasakan hal yang tidak normal pada mulutnya. inilah ciri-ciri pada kanker mulut, yaitu :

1. Bagian mulut terasa tidak normal
Gejala pertama yaitu terasa tidak normal pada bagian mulut dan sekitanya. Penderita akan merasa aneh dibagian mulutnya. Bagian mulut yang bia terkena kanker ialah bibir, rongga pipi, kelenjar ludah, langit-langit mulut, lidah, anak lidah, dan gusi.

2. Timbul warna yang berbeda
Pada bagian ada warna yang terlihat berbeda dari biasanya. inilah gejala yang juga mudah dilihat. Misalnya ada bagian bibir yang berubah warna ataupun pada bagian gusi . dapat dilihat dengan bantuan cermin atau oergi ke dokter untuk melihat secara langsung.

3. Terjadi pendarahan
Bagi anda yang serung mengalami pendarahan pada mulut misalnya sering keluar darah saat gosok gigi, anda patut melakukan pemeriksaan ke dokter, sebab pendarahan yang sering terjadi menjadi salah satu gejala paling dapat diraskan bagi penderita kanker mulut.

4. Pembengkakan
Pada bagian mulut dan sekitarnya juga bisa mengalami pembengkakan mendadak. Pembengkakan ini terjadi tidak normal dan tanpa alasan tertentu.

5. Kerusakan gigi
Gigi tiba-tiba copot dengan sendirinya dan tiba-tiba mudah keropos, hal ini patut dicurigai karena berarti ada sel jahat merusak kekuatan akar gigi di dalam gusi.

6. Terdapat bercak
Munculnya bercak merah atau putih tanpa sebab dibagian mulut misalnya bibir, lidah, ataupun rongga dapat menjadi salah satu munculnya sel kanker pada mulut. Apalagi bercak tidak hilang dalam waktu lama.

7. Kehilangan rasa
Penyakit ini juga dapat menghilangkan rasa atau indera perasa. Penderita akan sulit membedakan mana rasa asin dengan rasa pahit, ataupun dengan rasa lainnya. Penderita juga tidak dapat merasakan makanan yang kasar maupun lembut.

8. Sulit mengunyah dan menelan
Mulut akan sulit digerakan untuk mengunyah dan tidak dapat menghancurkan makanan dengan baik. Dan juga sulit menelan atau merasakan sakit juga otot dalam mulut tidak begitu kuat.

9. Kesulitan berbicara
Penderita akan merasa sulit mengucapkan kata-kata atau kalimat dengan jelas. Karena lidah dan bibir tidak berfungsi dengan baik dan sulit di pindahkan. Gejala ini terjadi ketika kondisi tahap lumayan tinggi.

10. Perubahan suara
Dimana suara penderita tiba-tiba berubah. Atau suara nya menjadi lemah, serak, meninggi, dan lainnya dalam waktu lama berbeda dengan saat terjangkit penyakit batuk atau flu.

11. Pendengaran Terganggu
Karena syaraf mulut dengan telinga dekat maka gejala lain juga dapat dirasakan dibagian telinga. Dimana telinga tidak fan tidak nyaman saat mendengar atau pendengaran terganggu.

12. Berat Badan Menurun Drastis
Penderita mengalami penurunan berat badan secara drastis dimana sel kanker mulai menggerogoti sel lainnya.

13. Ada Sel Yang Tumbuh Tidak Normal
Gejala yang terakhir terlihat ada sel yang tumbuh tidak normal dalam mulut. Hal ini dapat dilihat oleh dokter melalui langkah check up.

Ciri-ciri kanker mulut diatas bisa saja di sebabkan oleh beberapa hal yang sangat berpengaruh dengan kondisi penyakit lainnya seperti sariawan atau panas dalam. Jika ada memiliki ciri-ciri diatas segeralah untuk berobat jika tidak mau penyakitnya bertambah parah, atau cobalah untuk cek ke dokter secepatnya.

Penyebab dan Gejala Kanker Mulut

Penyakit ini disebabkan oleh adanya perubahan pada perkembangan sel dalam mulut atau bibir. Namun di balik mutasi ini belum diketahui secara pasti. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kanker ini, diantaranya :

- Terlalu sering menggunakan segala jenis tembakau, seperti rokok, cerutu dan juga tembakau kunyah.
- mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan.
- Infeksi HPV ( human papillomavirus ).
- Pola makan yang buruk.
- Kebersihan mulut yang jorok atau tidak terjaga, misalnya membiarkan gigi berlubang atau gusi yang mengalami infeksi.
- Mengunyah buah pinang.

Mereka yang sering mengkonsumsi rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang berisiko sangat tinggi mengalami kanker. Terutama mereka yang mengkonsumsi bahan-bahan aditif ini dalam porsi berlebihan sampai peumpukan toksin dan oksidan dalam mulut. Kondisi ini dikenal dengan situasi karsinogen yang membuat mulut menjadi habitat nyaman pertumbuhan sel kanker. Dan bagi yang mengalami infeksi HIV juga rentan terkena kanker mulut. Karena HIV akan menurunkan imunitas dan melemahkan kelanjar getah bening. Hasilnya, infeksi mudah menyerang dan senyawa antigen tak berhasil diproduksi sehingga mempercepat munculnya antigen dan tidak ada perlawan terhadap kanker yang terbentuk pada mulut.

Gejala Kanker Mulut

Salah satu penyebab tingkat kematian pada penyakit ini yaitu sulitnya mengenali gejala kanker tersebut. sebagian gejala kanker ini yang muncul sangat mirip dengan penyakit mulut dan tenggorokan ringan. Oleh sebab itu kita harus tetap waspada terutama pada mereka yang rentan terhadap kanker mulut, karena gejala ringan yang dipandang enteng bisa saja satu tanda awal dari kemunculan penyakit ini. Meski penyajit ini bisa sangat mematikan, pada stadium awal kanker ini sangat mudah disembuhkan dengan tingkat keberhasilan mencapai 90%. Berikut gejala kanker mulut yang penting untuk anda kenali, seperti :

- Gusi menampakan iritasi kemerahan yang tak kinjung sembuh meski sudah diatasi dengan beragam obat.
- Sariawan yang tak kunjung sembuh, tampak membengkak dan meluas meski sudah di obati.
- Muncul penebalan dan pembengkakan pada dinding dalam mulut.
- Muncul rasa nyeri yang menusuk pada daerah mulut dengan disertai iritasi kemerahan atau luka dengan warna putih ( sariawan )
- Kekakuan pada mulut, sampai kadang rahang terasa sulit digerakan dengan rasa sakit atau linu.
- Gigi goyang sampai mudah lepas tanpa sebab.
- Rasa nyeri pada tenggorokandan sulit untuk menelan karena terasa kaku di tenggorokan.
- Rasa nyeri pada lidah, lidah menjadi kaku dan sulit digerakan.
- Sulit bicara karena lidah dan mulut kerap terasa kaku dan nyeri.
- Pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pada dasarnya tahap awal terjadinya kanker mulut lebih menyerupai gejala infeksi. Dari informasi singkat ini anda bisa lebih tahu gejala yang mungkin terjadi pada anda, jika gejala ini ada pada anda sebaiknya segera temui dokter untuk memastikan kondisi mulut anda.

Pengobatan Herbal Kanker Mulut

Kanker mulut adalah kanker yang menyerang daerah sekitar mulut dan tenggorokan. Jenis kanker ini bisa mematikan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Kanker yang menyeang bagian lunak dan berlendir mengakibatkan pembusukan di daerah sekitarnya. Luka pada mulut sebagai tanda adanya kanker ini bisa berupa tonjolan yang melekat di daerah dalam mulut dan tenggorokan yang tak kunjung hilang. Benjolan ini lama kelamaan akan membesar dan menyebar. Kanker mulut bisa saja terjadi pada siapa saja dengan berbagai rentang usia. Penyebab utama penyakit ini yaitu terjaganya kebersihan mulut dan gigi yang mengakibatkan virus kanker bisa merobos masuk pertahanan dari air liur. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang baik.

Berdasarkan penelitian faktor-fator yang dapat menyebabkan datangnya penyakit kanker mulut diantaranya adalah, Merokok/tembakau, minuman keras, faktor keturunan, dan cahaya matahari. Untuk menghindari penyakit kanker mulut anda harus membiasakan diri untuk menghindari makanan dan minuman yang masih panas, rajin membersihkan mulut, tidak merokok dan mengunyah tembakau, olahraga secara teratur, kurangi makan makanan yang digoreng atau dipanggang, periksa gigi , dan lakukan pemeriksaan sendiri.

Obat kanker mulut alami

Penyakit kanker bisa terjadi dimana saja termasuk kanker mulut, mustahil jika kanker ini bisa membawa penderita pada kematian. Oleh karena itu, penyakit ini bisa dihindari dan dikenali gejala-gejala sedini mungkin agar lebih mudah untuk mengobatinya. sekarang ada pengobatan yang lebih aman dan praktis untuk mengobati kanker mulut yang anda alami, yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal kanker mulut alami yaitu ace maxs yang terbuat dari kulit manggis dan daun sirsak tanpa bahan kimia apapun. kulit manggis dalam ace maxs mengandung senyawa xamthone yang merupakan antioksidan tinggi yang kadarnya melebihi sumber antioksidan lainnya seperti vit C dan vit E. Antioksidan ini mampu menahan radikal bebas dan mampu menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh secara alamiah, kulit manggis juga bersifat anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan anti parasit. Obat ace maxs ini menjadi solusi pengobatan kanker secara alami dan aman tanpa efek samping.

Kanker mulut adalah kanker yang menyerang daerah sekitar mulut dan tenggorokan. Jenis kanker ini bisa mematikan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Kanker yang menyeang bagian lunak dan berlendir mengakibatkan pembusukan di daerah sekitarnya. Luka pada mulut sebagai tanda adanya kanker mulut bisa berupa tonjolan yang melekat di daerah dalam mulut dan tenggorokan yang tak kunjung hilang. Benjolan ini lama kelamaan akan membesar dan menyebar.

Kanker mulut bisa saja terjadi pada siapa saja dengan berbagai rentang usia. Penyebab utama penyakit ini yaitu terjaganya kebersihan mulut dan gigi yang mengakibatkan virus kanker bisa merobos masuk pertahanan dari air liur. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang baik. Berdasarkan penelitian faktor-fator yang dapat menyebabkan datangnya penyakit kanker mulut diantaranya adalah, Merokok/tembakau, minuman keras, faktor keturunan, dan cahaya matahari. Untuk menghindari penyakit kanker mulut anda harus membiasakan diri untuk menghindari makanan dan minuman yang masih panas, rajin membersihkan mulut, tidak merokok dan mengunyah tembakau, olahraga secara teratur, kurangi makan makanan yang digoreng atau dipanggang, periksa gigi , dan lakukan pemeriksaan sendiri.

Segala penyakit pasti ada obatnya, anda juga bisa mengkonsultasi ke dokter mengenai kesehatan mulut meskipun tidak merasakan adanya gangguan apapun dalam mulut anda. Atau mengkonsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda agar lebih berhati-hati.