Kanker Paru-Paru - Jenis, Gejala dan Penyebabnya

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru umunya mengacu pada kanker di bagian parenkim, yaitu tumor ganas dari sel epitel bronkus atau bronkiolus, yang merupakan 90-95% dari tumor ganas dari parenkim paru-paru. Pada tahap awal, kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala apapun. Gejala akan muncul ketika perkembangan kanker telah mencapai suatu tahap tertentu. Gejala-gejala utama yang akan dialami penderita kanker paru-paru yaitu ;

→Batuk yang berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk berdarah.

→Mengalami sesak nafas dan rasa nyeri di dada.

→Mengalami kelelahan tanpa alasan.

→Pembengkakan pada muka atau leher.

→Sakit kepala.

→Sakit pada tulang, bisa pada bahu, lengan atau tangan.

→Berat tubuh menurun.

→Kehilangan selera makan.

→Suara menjadi serak.

→Kesulitan menelan atau sakit saat menelan sesuatu.

→Perubahan pada bentuk jari, yaitu ujung jari menjadi cembung.

Kanker paru-paru termasuk penyakit yang berbahaya, oleh sebab itu hendaknya sedapat mungkin diketahui ciri dan gejalanya dari awal untuk segera mendapatkan perawatan. Penyakit ini termasuk mematikan dan mengancam jiwa. Terdapat dua jenis, yaitu primer dan sekunder.

zedoril

Kanker ini salah satu jenis yang bisa dicegah. Paling tidak terdapat 80-90% kasus berhubungan dengan kebiasaan merokok. Tahap awal, tidak ada tanda atau gejalanya yang jelas. Tapi gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk berdarah, selalu merasa kehabisan nafas, kelelahan tanpa alasan, dan penurunan berat badan akan muncul.