Kanker Prostat - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar yang mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat akan mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani. Biasanya pria yang berusia di atas 50 tahun mengalami gejala pembesaran prostat. Pembesaran terjadi di bagian tengah dari kelenjar yang mengelilingi saluran kencing (uretra). Jika pembesaran pada kelenjar yang berkelanjutan dapat mengarah ke tahap yang lebih serius, hal ini bisa memicu terjadinya kanker prostat.

Penyakit Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker ini dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Pada penderita ditemukan rasio plasma vitamin B12 yang sangat rendah. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker ini tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012. Kasus kanker prostat, berdasar data International Agency for Research on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapat sekitar 13.600 kasus. Dengan angka kematian hingga 9.191 kasus.

Diagnosis Kanker Prostat

iklanalt=

Ada banyak tes dan pemeriksaan untuk menentukan diagnosis kanker ini. Tes yang paling umum untuk mendeteksi kanker prostat adalah:

-Pemeriksaan fisik atau pemeriksaan colok dubur. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa ukuran kelenjar prostat.
-Tes darah. Tes darah ini lebih dikenal dengan istilah tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen khusus prostat). Tapi tes ini tidak hanya spesifik untuk mendeteksi kanker prostat karena kadar PSA juga bisa naik akibat kondisi lain seperti infeksi saluran kencing atau radang pada prostat.
-Biopsi. Sampel jaringan prostat akan diambil untuk diperiksa di laboratorium.

Ciri-Ciri Kanker Prostat

Kanker Prostat

Tubuh tidak hanya memiliki kelenjar getah bening saja, karena masih ada banyak kelenjar didalam tubuh juga yaitu kelenjar prostat. Kelenjar ini berada di dalam organ reproduksi laki-laki yang lebih tepatnya bawah bagian uretra. Prostat sendiri memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan, cairan mani atau cairan yang dikeluarkan bersamaan dengan keluarnya sperma karena cairan semen atau cairan yang dihasilkan oleh prostat merupakan cairan pelindung bagi sperma. Kelenjar prostat dapat terserang oleh penyakit, dan penyakit tersebut adalah berupa penyakit kanker. Ada jenis kanker dapat didalam kelenjar prostat yang dapat menyebar ke sel atau jaringan tubuh yang lainnya. Pemeriksaan kanker prostat sebaiknya dilakukan pada tahap satu ataupun dua yang merupakan masih pada tahap awal sehingga tidak akan penyebaran sel kanker yang begitu parah. Dan pemeriksaan bisa dilakukan di saat gejala atau ciri-ciri kanker prostat sudah terjadi. Seperti dibawah ini beberapa ciri-ciri kanker prostat:

- Lebih sering buang air kecil
Penyakit kanker di organ reproduksi laki-laki ini masih belum diketahui pada tahap awal karena ciri-ciri kanker prostat yang ringan sulit untuk diketahui oleh penderita kanker prostat. Gejala yang bisa dialami yaitu meningkatnya intensitas buang air kecil. Buang air kecil akan lebih sering dibandingkan sebelumnya disaat memiliki sel kanker di prostat.
- Nyeri saat buang air kecil
Ciri-ciri kanker prostat bisa mengakibatkan nyeri juga pada saat ejakulasi dan juga pada saat ereksi sehingga menganggu pada saat berhubungan seksual. Dan kondisi tersebut dipengaruhi oleh sel kanker yang ada di dalam tubuh.
- Nyeri saat berhubungan seksual
Ciri-ciri kanker prostat bisa mengakibatkan nyeri juga pada saat ejakulasi dan juga pada saat ereksi sehingga menganggu pada saat berhubungan seksual. Dan kondisi tersebut dipengaruhi oleh sel kanker yang ada di dalam tubuh.
- Mengeluarkan darah pada saat buang air kecil
Jika sudah semakin parah perkembangan sel kanker juga dapat mengakibatkan kencing darah. Keluarnya darah bisa bersamaan dengan keluarnya air seni.

Penyebab dan Gejala Kanker Prostat

Penyebab kanker ini yang pasti hingga kini masih belum diketahui. Tapi kanker prostat memengaruhi terutama pria yang berusia lanjut. Sekitar delapan dari sepuluh kasus diderita oleh pria berusia di atas 65 tahun. Dokter meyakini bahwa kanker ini dimulai ketika beberapa sel prostat menjadi tidak normal. Mutasi sel yang tidak normal tersebut menyebabkan sel tumbuh lebih cepat daripada sel normal. Ketika sel normal mati, maka sel ini tidak akan mati. Akumulasi dari sel yang tidak normal ini membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Beberapa sel yang tidak normal tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Selain usia, berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat:

- Riwayat kesehatan keluarga. Jika ada keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau wanita yang menderita kanker payudara, risiko Anda untuk terkena kanker prostat akan meningkat.
- Makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terlalu sering juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat.
- Obesitas. Berkelebihan berat badan meningkatkan risiko seorang laki-laki terkena kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat

Pada tahap awal, kanker ini umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi ketika pembengkakan prostat telah memengaruhi uretra atau kanker mulai menyebar, berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya muncul:

-Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari
-Merasa nyeri saat buang air kecil atau butuh waktu lama
-Terdapat darah dalam air kencing atau air mani
-Tekanan air kencing berkurang
-Air kencing keluar saat batuk atau tertawa
-Tidak mampu kencing sambil berdiri
-Disfungsi ereksi

Prostat pria umumnya akan bertambah besar seiring bertambahnya usia. Gejala-gejala di atas perlu diwaspadai, meski tidak selalu berarti Anda mengidap kanker. Berikut ini adalah gejala kanker prostat ketika sudah memasuki tahapan yang lebih parah:

-Penurunan berat badan
-Kehilangan selera makan
-Rasa sakit pada tulang terutama punggung bagian bawah, paha dan pinggul
-Mual dan muntah
-Konstipasi
-Merasa sakit atau kaku pada bagian panggul, punggung bawah, paha atas, atau pada tulang di sekitarnya
-Kelemahan atau kelumpuhan pada tubuh bagian bawah

Pengobatan Herbal Kanker Prostat

Bagi penderita kanker prostat, mungkin akan membingungkan dalam memilih prosedur pengobatan terbaik yang bisa dilakukan. Tiap pengobatan yang dilakukan memiliki risiko dan juga keuntungan masing-masing.Pengobatan kanker ini tergantung kepada beberapa faktor:

-Stadium kanker
-Ukuran kanker
-Seberapa luas penyebaran kanker yang telah terjadi
-Dan kondisi kesehatan pasien

Untuk penderita kanker prostat pada stadium awal, mereka bisa memilih untuk menunggu dan mengawasi perkembangan kanker. Ada beberapa kasus kanker yang tidak memerlukan pengobatan sama sekali dan ini perlu dipertimbangkan karena ada efek samping pengobatan yang tergolong signifikan. Apabila memilih untuk mengawasi kanker prostat, maka selama masa pengawasan, informasi tambahan bisa dikumpulkan untuk membantu menentukan pengobatan yang tepat.

Pengawasan prostat ini mengharuskan Anda menjalani tes PSA dan juga prosedur biopsi secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memastikan sedini mungkin apakah ada pertumbuhan sel kanker. Rangkaian prosedur ini dilakukan untuk menentukan pengobatan sesuai dengan tahapan kanker yang diderita, terlebih ketika kanker prostat sudah menyebar keluar dari kelenjar prostat.

Herbal Untuk Kanker

- Sirsak Ketahuilah, bahwa sirsak ini adalah salah satu macam tanaman bermultikhasiat. Sebab selain buahnya mengandung banyak vitamin, rupanya daunnya juga mengandung khasiat yang begitu super dalam mengobati penyakit kanker, tercakup untuk obat herbal kanker prostat. Sebagaimana hasil dari penelitian yang mengabarkan, bahwa didalam daun sirsak ini terdapat 34 senyawa sitotoksik, yang berkhasiat untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan penyakit kanker. Dan senyawa-senyawa yang sangat populer dan paling banyak berfungsi dalam mengobati penyakit kanker ini diantaranya : acetogenins, annocatalin, annocatacin, annohexocin, annomuricin, annonacin, anonol, anomurine, gentisic acid, caclourine, linoleic acid, gigantetronin, muricapentocin. Yang mana semua kandungan senyawa tersebut mampu melambatkan perkembangan sel kanker, mencegah pengedaran dan berkembangnya sel kanker serta mampu membinasakan sel kanker yang bersarang didalam tubuh. Cara mengobati penyakit kanker prostat dengan daun sirsak ini, Anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yakni dengan mengkonsumsi daun sirsak yang berupa air rebusan atau yang berupa ekstrak yang sudah menjadi sebuah terapi alami untuk kanker prostat.

- Jahe Salah satu jenis rempah yang satu ini memang pada umumnya sering kali di pilih oleh para kaum ibu untuk di gunakan sebagai bahan tambahan untuk bumbu memasak. Dan kandungan senyawa yang berupa minyak atsiri yang terkandung dalam jahe rupanya dapat memberikan kehangatan pada tubuh ketika cuaca dingin pada malam hari. Dan memang, mungkin dari sebagian Anda ada yang belum tahu, bahwa jahe tidak hanya bermanfaat sebagai penambah bumbu masakan dan bermanfaat untuk dijadikan minuman sebagai penghangat badan. Melainkan, rupanya jahe ini juga dapat memberikan manfaat yang lebih jika dikonsumsi secara rutin, terutama bagi pengidap penyakit kanker seperti untuk obat alami kanker prostat. Karena, jahe ini mampu melambatkan proses proliferasi sel-sel kanker dan dengan begitu, maka akan dapat membantu mengobati penyakit kanker (termasuk kanker prostat) dengan cara alami. Selain itu, jahe ini juga bagus untuk pengidap penyakit kanker prostat yang tengah menjalani kemoterapi. Karna, jahe ini bisa membantu meringankan efek samping dari pengobatan kemoterapi yang dilakukan, seperti salah satunya dapat membantu mengatasi rasa mual. Adapun cara pembuatan obat tradisional kanker prostat menggunakan jahe ini juga amat gampang. Cukup dengan Anda merebus jahe, lalu meminum air rebusannya secara rutin dan teratur.