Kanker Tiroid, Jenis, Ciri-ciri, Penyebab dan Gejala, serta Pengobatannya

Tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan dari leher yang mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan sebagainya. Berikut ini adalah ketiga hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid, diantaranya:

- Triiodothyronin (T3) dan thyroxine (T4).
Kedua hormon ini membantu untuk mengatur tingkat metabolisme pada tubuh, seperti seberapa cepat pembakaran kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan hormon T3 dan T4 yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan anda menjadi overaktif dan menurunkan berat badan tubuh, tetapi jika kekurangan kedua hormon ini berat badan akan bertambah dan anda merasa lelah.
- Calcitorin.
Calcitorin merupakan jenis hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar kalsium di dalam darah, yang akan membantu kalsium dalam melakukan proses pembentukan tulang yang kuat. Tapi hormon ini tidak terlalu penting untuk menjaga kesehatan karena tubuh juga memanfaatkan cara lain dalam mengendalikan kalsium dalam darah.

Kanker ini sendiri merupakan pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker ini merupakan sejenis kanker yang cukup jarang terjadi dan biasanya mudah disembuhkan jika diketahui sejak awal. Kanker ini biasanya terjadi pada orang yang berusia antara 35-39 tahun dan juga pada usia 70 tahun ke atas. Wanita lebih berisiko mengalami kanker dua hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan pria. Meski alasan pasti kenapa hal ini terjadi masih belum diketahui, tetapi ada kemungkinan berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita.

Diagnosis Kanker Tiroid

iklanalt=

Untuk menentukan diagnosis terhadap kanker ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik sebagai tahap awal pemeriksaan. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga serta gejala-gejala yang anda alami, seperti suara serak yang tidak kunjung hilang. Tes yang dilakukan untuk mendiagnosis kanker tiroid adalah sebagai berikut:
- Tes fungsi tiroid.
Ini merupakan jenis tes darah yang berfungsi untuk memeriksa apakah pembengkakan yang terjadi pada leher anda disebabkan oleh kondisi lain. Tes ini juga berfungsi mengukur hormon tertentu di dalam darah anda. Tes ini bisa mengetahui jika terjadi masalah kesehatan, seperti kondisi hipertiroidisme atau kondisi hipotroidisme.
- Sitologi aspirasi jarum halus.
Ini merupakan prosedur lanjutan untuk mendiagnosis kanker ini. Anda tidak perlu melakukan rawat inap di rumah sakit untuk menjalani tes ini. Sebuah jarum yang sangat kecil dimasukkan ke benjolan pada leher untuk mengambil sampel yang kemudian diteliti dengan mikroskop. Tes ini bisa menentukan apakah terdapat sel bersifat kanker dan jenis dari kanker tiroid, jika memang ada.
- Tes pencitraan.
Anda mungkin memerlukan tes pencitraan, seperti CT scan, ultrasound, atau PET (positron emission tomography) untuk membantu dokter memastikan apakah kanker yang muncul sudah menyebar ke luar dari kelenjar tiroid.

Jenis Kanker Tiroid

Kanker Tiroid

Kanker terbagi menjadi 4 jenis, diantaranya:
- Karsinoma papiler.
Adalah jenis kanker yang paling umum (sekitar 60% kasus kanker tiroid) dan biasanya memengaruhi wanita pada usia di bawah 40 tahun.
- Karsinoma folikuler.
Jenis ini terjadi sekitar 15% dari seluruh kasus kanker dan cenderung terjadi pada orang-orang lanjut usia.
- Karsinoma medular tiroid.
Jenis ini terjadi sekitar 5-8 persen dari seluruh kasus kanker tiroid, tapi kanker jenis ini bisa turun-menurun di dalam satu keluarga, ini yang membedakan dengan jenis kanker tiroid lainnya.
- Karsinoma tiroid anaplastik.
Ini jenis kanker yang paling jarang dan paling agresif. Kondisi ini hanya terjadi pada 5 persen dari kasus kanker tiroid yang ada dan umumnya terjadi pada orang pada usia 60 tahun ke atas.

Berikut adalah pengertian dan jenis-jenis kanker tiroid, untuk mengetahui tentang kanker ini, kita simak pembahasan yang selanjutnya.

Ciri-Ciri Kanker Tiroid

Penyakit kanker tiroid cukup berbahaya sekali untuk kita, maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan dengan baik dan benar, dari mulai kebersihan makanan sampai lingkungan, karena cara ini merupakan tips yang mujarab bila kita pakai. Setiap penyakit pasti terdapat penyebabnya. Dan penyebab kanker ini adalah radiasi, penyakit gondok yang sudah bersifat kronis dan genetik. Jika satu penyebab bisa di akibatkan oleh faktor gen, kemungkinan untuk bisa sembuh sangat kecil sekali. Tiroid ini memiliki jenisnya, seperti hipotiroidisme, hipertiroidisme, nodul tiroid dan terakhir penyakit gondok. Ada satu yang harus kalian ketahui, yaitu penyembuhan kanker ini. Jika tiroid yang di alami sudah membesar dan membengkak, sebaiknya harus menjalankan operasi. Kanker ini memiliki gejala, tanda-tanda atau ciri-ciri yang biasanya akan datang pada penyakit ini adalah:

- Keringat berlebihan
Dalam mengalami penyakit ini pasti akan mengalami tanda tandanya seperti mengeluarkan keringat yang berlebihan. Keringat ini akan dialami penderita penyakit ini. Jangan pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang ringan, karena ini bukan penyakit yang kecil, melainkan penyakit yang besar. Dan masalah ini dapat di atasi dengan cara yang mudah, mandilah dengan rajin dan teratur serta menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Ada beberapa tanda lagi yang menyebabkan penyakit tiroid ini datang. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa adanya batasan umur atau usia.

- Sedikit menstruasi
Menstruasi adalah masalah yang sering dialami oleh semua wanita dan memang di khususkan hanya untuk wanita. Dan setiap bulannya akan mengalami menstruasi yang akan menimbulkan gejala seperti sakit perut, ketiak dan payudara sakit dan badan terasa tidak enak. Jika mengalami menstruasi yang dikeluarkan hanya sedikit, ini patut untuk dicurigai. Namun ada beberapa penyakit yang dapat terjadi karena menstruasi sedikit, seperti tanda-tanda penyakit kanker tiroid yang akan mengalami masalah atau kondisi seperti ini.

- Turunnya berat badan
Berat badan yang menurun itu dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Ada yang disebabkan oleh olahraga, diet dan jarang makan atau mengurangi makan. Tapi jika turunnya berat badan tanpa adanya penyebab, walaupun makan banyak itu merupakan masalah yang tidak stabil. Karena sebagian penyakit ada yang mengalami hal seperti ini sebagai ciri-cirinya. Maka dari itu kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalaminya.

- Berdebarnya jantung
Jantung yang berdebar-debar tanpa adanya alasan yang jelas itu harus lebih dipertanyakan. Karena kondisi ini, bisa saja memiliki kelainan pada tubuhnya. Dan siapa saja bisa mengalami hal ini bagi yang mempunyai penyakit kanker ini. Penyakit ini bila terjadi pada diri anda harus segera diatasi dengan waktu yang cepat. Semua penyakit pasti mempunyai resiko tersendiri. Dan itu terjadi pada kanker tiroid. Jantung yang berdebar itu sebenarnya dapat terjadi ketika kita melakukan kegiatan atau aktivitas yang membuat kita ngos-ngosan, seperti berolahraga lari dan itu hal yang wajar.

- Cemas
Rasa cemas atau gelisah ini, merupakan masalah yang sering dialami oleh semua orang, dan bisa kalian atasi dengan cara apapun yang menurut kalian bisa. Banyak penyakit yang mengalami rasa cemas sebagai tanda-tandanya. Seperti kanker ini yang mengalami rasa cemas pada ciri-cirinya.

- Turunnya konsentrasi
Tidak fokus atau konsentrasi menjadi menurun merupakan ciri-ciri dari penyakit kanker ini. Sebenarnya bukan hanya penyakit ini saja yang dapat mengalami gejala sepeti ini, gemetar pada tubuh juga dapat dialami oleh gejala kanker ini.

Itulah sebagian ciri-ciri dari gejala kanker tiroid, jika anda mengalami hal seperti diatas, segera hubungi pihak dokter atau rumah sakit.

Penyebab dan Gejala Kanker Tiroid

Untuk Menghindari terkenanya kanker ini, maka kita harus tau terlebih dahulu tentang penyebab kanker tersebut. Beberapa penyebab tersebut adalah:

1. Bermutasinya (perubahan genetik) pada sel-sel tiroid.
Mutasinya sel-sel belum diketahui secara rinci, tetapi ada kemungkinan mutasi sel tersebut disebabkan karena kurangnya zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
2. Faktor Genetika.
Faktor genetika memang masih jarang ditemukan pada penderita kanker ini. Tetapi ketika orang tua kita memiliki riwayat penyakit kanker ini ada kemungkinan kita juga dapat terkena kanker tersebut atau mendapat penyakit tersebut merupakan bawaan sejak lahir.
3. Faktor lingkungan & Radiasi.
Faktor lingkungan ini dapat terjadi dari paparan radiasi yang berlebihan yang menyababkan sel – sel hormon pada kelenjar tiroid berkembang tidak sempurna dan bermutasi menjadi sel kanker.
4. Kekurangan yodium
Kurangnya yodium disebabkan karena adanya defisiensi material, goitrogen, dan penyakit autoimun. Goitrogen adalah terhambatnya proses pengambilan yodium dari dalam darah menuju kelenjar tiroid dikarenakan zat – zat yang terdapat dalam kacang – kacangan dan kubis – kubisan.
5. Kekurangan enzim
Kukrangnya enzim dalam tubuh kita menyababkan sel – sel hormon yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi. Keadaan seperti ini menyebabkan sel hormon dalam kelenjar tiroid tidak tercukupi. Keadaan seperti ini dapat memicu perkembangan sel kanker yang terdapat dalam tubuh manusia.

Gejala Kanker tiroid

Gejala utama dari kanker ini adalah munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagian depan dari leher, lebih tepatnya dibawah jakun, dan biasanya tidak terasa sakit. Tapi pada tahapan awal, kanker ini jarang menimbulkan gejala dan cenderung tidak ada gejala apapun.
Sedangkan gejala lain dari kanker ini biasanya muncul setelah kanker memasuki stadium yang selanjutnya, seperti:
- Sakit tenggorokan
- Kesulitan dalam menelan makanan
- Perubahan suara atau menjadi serak dan tidak membaik setelah beberapa minggu.
- Rasa sakit pada bagian leher.
- Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

Perlu diperhatikan, bahwa tidak semua benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid disebabkan oleh kanker. Hanya sekitar 5% dari benjolan pada kelenjar tiroid yang disebabkan oleh kanker. Sebagian besar pembengkakan kelenjar tiroid disebabkan oleh kondisi yang dikenal dengan nama penyakit gondok. Kondisi ini tidak bersifat kanker dan disebabkan oleh hipertiroidisme (terlalu banyak hormon T3 dan T4) dan hipotiroidisme (kekurangan hormon T3 dan T4).

Pengobatan Herbal Kanker Tiroid

Obat herbal untuk pengobatan herbal dengan menggunakan tanaman obat herbal terhadap kanker tiroid banyak sekali terdapat disekitar kita seperti kunyit putih yang berfungsi untuk mematikan sel-sel kanker yang akan tumbuh, juga mahkota dewa, getah patah tulang batang, daun, dewa, tapak Liman, teh hijau, teh hitam, Centella asiatica, brotowali, dan lain – lain.

Kanker tiroid adalah kanker yang paling umum terjadi dari kelenjar tiroid, kanker ini umumnya lebih sering terdapat pada wanita dibanding pria. Kanker ini umum menyerang orang dengan usia antara 20 sampai 40 tahun, tetapi kadang-kadang juga terjadi pada anak-anak. Penyebab pasti dari kanker ini belum diketahui secara pasti. Diduga kuat akibat cacat genetik berpengaruh terhadap penyakit ini. Tinggi dosis radiasi eksternal ke leher meningkatkan risiko pengembangan kanker tiroid. Kanker ini biasanya dimulai berbentuk suatu benjolan kecil (nodul) dalam kelenjar tiroid, yang terletak di bagian depan leher. tetapi kebanyakan benjolan tidak berbahaya dan non kanker (jinak). Pengobatan Kanker ini bisa diobati dengan beberapa cara:
1. Bedah
2. Radioaktif yodium
3. Obat herbal

Pengobatan kanker tiroid dengan minum Obat herbal Alami:

Kunyit putih adalah obat herbal yang berfungsi untuk mematikan sel-sel kanker yang akan tumbuh, mahkota dewa, getah patah tulang batang, daun dewa, tapak Liman, kehidupan daun panjang, teh hijau, Centella asiatica, brotowali. Mengambil produk dari MLM yg bisa mencegah kanker
-Makan / minum buah dan sayuran yang mengandung tinggi beta-karoten serta konsumsi vitamin C yang cukup.
-Hindari makanan / minuman yang mengandung flavorings, pewarna, pengawet, pemanis
-Jaga darah normal (gula, kolesterol, asam urat, T3, T4, TSH (minimal 3 bulan) dan FT4, Kalsium, Kalium, Tiroglobulin (minimal 6 bulan)
-Hindari minuman yang mengandung soda.
-Dorongan suami, anak, keluarga dan teman, olahraga dan istirahat yang cukup.
-Periksa dokter Anda segera.

Semoga dengan membaca artikel tentang obat herbal untuk mencegah kanker tiroid ini bermanfaat.