Kanker Tulang, Jenis, Ciri-ciri, Penyebab dan Gejala, serta Pengobatannya

Tulang merupakan organ tubuh yang memiliki tugas besar. Tugas tulang ialah sebagai penyangga tubuh yang terbuat dari komponen yang bebrbentuk protein yang didalamnya mengandung kalsium fosfat dan kalsium mineral yang dapat memberikan kekuatan untuk meyangga seluruh organ tubuh. Penyakit ini umunya diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kanker ini dibagi menjadi dua, yaitu kanker primer dan sekunder. Dianamakan kanker primer bilamana kanker ini muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Dan kanker sekunder ialah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menjalar ke tulang.

Seluruh tulang dalam tubuh bisa terserang penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada bagian tulang kaki dan lengan. Penyakit ini sering tidak disadari oleh siapapun, karena umumnya penyakit ini sudah di anggap biasa saja, dan ada yang menganggap gejala-gejala yang dirasakan seperti nyeri, sakit di persendian adalah hal biasa. Dalam tubuh manusia terdapat kalsium hampir 99% ada pada tulang dan gigi atau sisanya terkandung dalam darah. Tulang memiliki bagian atau tipe-tipe penting, yaitu :

- Corcital
Merupakan tulang yang padat dan kuat berada pada bagian paling luar.
- Trabecular
Merupakan bagian dalam yang memiliki rongga dan membentuk struktur secara keseluruhan. Tulang akan mengalami perkembangan dan perbaikan selama manusia masih hidup. Proses perkembangan dan perbaikan ini dinamakan resorption dan formation. Selama proses resorption, sel tulang akan mengalami kerusakan dan digantikan dengan sel khusus yang disebut osteoclasts.

Sedangkan proses formation, jaringan baru akan memperbaharui jaringan sel lama. Selama proses pergantian ini disebut osteoblasts. Akan tetapi tubuh kita membutuhkan cukup asaupan vitamin, hormon yang seimbang selama proses pembaharuan dan perbaikan tulang, seperti :

- Calcitonin
- Parathyroid
- Vitamin C
- Hormon esterogen yang seimbang ( hormon pada wanita )
- Hormon testosteron ( hormon pada laki-laki )

Jenis kanker tulang

iklanalt=

Ada beberapa jenis kanker tulang diantaranya, osteosarkoma, Ewing Kaposi, sel spindle Kaposi dan chondrosarcome.

- Osteosarkoma
Kanker ini mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa antara umur 5 dan 20 tahun. Kanker ini juga mempengaruhi tulang besar seperti tulang paha, lebih umumnya tulang lainnya. Biasanya berkembang di ujung dekat lutut dan dapat juga mempengaruhi tulang lengan atas. Tulang apapun bisa terpengaruhi.

- Ewing Kaposi
kanker ini mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa dengan kebanyakan kasus dilihat dalam orang-orang berusia 10 dan 20 tahun. Sekitar 1% dapat terdeteksi dalam orang-orang lebih dari 20 juga.

- Sel spindle Kaposi
Kanker ini mirip dengan Osteosarkoma dalam hal penampilan, namun, kanker jenis ini umumnya terjadi pada orang dewasa berusia diatas 40.

- Chondrosarcoma
Kanker ini dapat ditemukan ditengah umur dan orang-orang antara usia 40 dan 50. Laki-laki dan perempuan sama saja.

Penyakit ini memang sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari tapi bila kita mengabaikan mungkin bisa berdampak parah bagi hidup kita, karena tulang adalah organ terpenting dalam tubuh manusia.

Ciri-Ciri Kanker Tulang

Kanker Tulang

Penyakit ini merupakan tumor ganas yang dapat menghancurkan jaringan tulang yang normal. Akan tetapi tidak semua tumor itu ganas. Tumor yang jinak lebih banyak daripada yang ganas. Tumor jinak hanya tumbuh besar dan menekan tulang yang sehat serta jaringan disekitarnya. Dan kanker ini akan merusak struktur tulang, dapat menyebar, dan mengancam nyawa.

Meski terbilang langka, jenis kanker yang banyak menyerang mereka yang berusia 10-20 tahun tergolong jenis kanker yang aktif dan agresif. Karena begitu menyerang, akar-akarnya dapat menggerogoti tulang hingga butuh tindakan amputasi, sebab jika tidak, maka akan berisiko terhadap keselamatan jiwa penderita. Setiap tahunnya sekitar 2890 orang di seluruh dunia yang didiagnosa mengidap kanker tulang, dan dari jumlah tersebut sekitar 1410 orang meninggal karena penyakit ini.

Ciri-ciri dan gejala kanker tulang meliputi :

- Rasa Sakit / Nyeri Berkepanjangan Pada Tulang
Rasa sakit yang berkepanjangan pada tulang belakang, utamanya bagian punggung dan leher disertai dengan gejala lainnya seperti ngilu. Rasa sakit tersebut lambat laun menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Rasa sakit umumnya hanya muncul di bagian belakang saja, namun jika syaraf ditekan oleh sel kanker, maka rasa sakit akan menyebar ke bagian-bagian yang menjadi penyebaran sel kanker tersebut.

- Turunnya Kemampuan Beraktifitas
Ciri kanker ini akan mempengaruhi aktifitas anda. Sel-sel kanker yang menekan syaraf dengan sangat kuat, dapat membuat kemampuan seseorang dalam beraktifitas menurun. Kemampuan otak dalam berkomunikasi dengan anggota tubuh yang lain tidak lagi dapat berjalan dengan maksimal, dan mengakibatkan kaki, tangan, tidak bisa bergerak secara sempurna.

- Kepekaan Menurun
Penderita mualai sulit untuk dapat merasakan suhu yang panas atau dingin karena kemampuan otak saat berkomunikasi dengan anggota tubuh lain terganggu.

- Kelumpuhan
Pada stadium tertentu seseorang yang mengalami kanker tulang bisa teracam menderita kelumpuhan, karena syaraf yang terserang kanker seolah terputus dari rangkaian syaraf secara keseluruhan.

- Pembengkakan
Ketika anda merasakan rasa sakit sekitaran terjadinya kanker, disitu akan menunjukkan pembengkakan pada tulang, benjolan atau ada sesuatu yang ada di dalamnya.

- Fraktur
Pada ciri kanker ini sel kanker dapat melemah dan kadang-kadang menyebabkan patah tulang.

- Penurunan Berat Badan
Penderita kanker ini akan mengalami penurunan berat badan, dikarenakan kelelahan yang menyertai nyeri pada tulang.

Inilah beberapa ciri kanker tulang, apabila ciri-ciri diatas dialami oleh anda maka segera untuk meminta ditangani secepat mungkin atau langsung saja lalukan mengecekan ke dokter.

Penyebab dan Gejala Kanker Tulang

Kanker ini memiliki dua faktor, yang pertama kanker yang memang tumbuh ditulang secara langsung. Dan yang kedua juga bisa dialami karena memiliki sel kanker di bagian tubuh yang lain, dan sel kanker masuk ke tulang sehingga menyebabkan penyakit kanker. Penyebab kanker ini belum diketahui, kondisi ini disebabkan adanya perubahan atau mutasi dalam struktur DNA yang mengendalikan petumbuhan sel sehingga pertumbuhan sel diluar kendali. Ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terkena kanker ini.

- Paparan radiasi tinggi dari suatu pengobatan yang pernah dialami penderita, misal radioterapi.
- Pernah memiliki riwayat kanker mata saat kecil.
- Pertumbuhan tulang yang cepat pada pubertas.
- Menderita penyakit paget, suatu kondisi dimana dapat menyebabkan tulang lemah.
- Memiliki penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.

Umumnya kanker ini tidak menunjukkan gejala yang signifikan dan dikenali dengan baik karena banyak orang mengganggap rasa sakit atau nyeri pada tulang lah salah satu penyebab atau gejala awal dari kanker tersebut. Berikut ini gejala-gejala umum dari kanker tulang, yaitu :

1. Rasa sakit. Biasanya dirasakan pada bagian tulang leher dan punggung. Namun rasa sakit pada bagian tersebut menjalar pada bagian yang lainnya.
2. Tubuh menjadi lemah. Tulang akan mengakibatkan fungsi dan kerja otak terganggu, kemudian tubuh menjadi kehilangan keseimbangan dan mudah lemah, dan berakibat terjadi gangguan inplus tulang belakang. Hal ini membuat penderita tak mampu meraih, memegang dan berjalan.
3. Berkurangnya kepekaan terhadap sesuatu. Sumsum tulang belakang merupakan bagian saraf pusat, jika bagian ini mengalami peradangan maka mengakibatkan kepekaan sentuhan berkurang. Sudah tidak merasa panas atau dingin.
4. Inkontinesia. Gejala ini sama dengan gejala tubuh menjadi lemah yang bisa menyebabkan kontrol yang lemah pada bagian kantung kemih dan usus.
5. Lumpuh. Kanker ini mengakibatkan kelumpuhan. Kelumpuhan ini dapat di antisipasi tergantung dari seberapa parah nya kanker yang dialami.

Jangan anggap kanker itu biasa, perhatikan juga kesehatan tulang kita, karena penyakit ini sangat berbahaya, karena tulang juga adalah organ pertumbuhan pada tumbuh kita. jangan biarkan pertumbuhan kita terganggu.

Pengobatan Herbal Kanker Tulang

Kanker tulang mungkin tidak asing lagi didengar telinga kita. Kanker yang muncul melalui organ tubuh hingga menyebar ke tulang dan merupakan penyakit yang perlu di waspadai. Penyakit ini salah satu jenis penyakit yang sering disebut sebagai tumor tulang. Seperti halnya penyakit kanker yang lain, penyebab penyakit ini karena adanya gangguan sel dari tulang tersebut. Ada sebuah proses sehingga menjadi sebuah kanker yang selnya terus berkembang dan menyerang atau menguasai semua stuktur pembangun tulang.

Pengobatan penyakit ini sangat bergantung pada tingkat keparahan kanker, lokasi kanker, dan bahkan jenis kanker itu sendiri. Penanganan utama penyakit ini biasanya dilakukan melalui operasi yang dikombinasikan dengan pengobatan lainnya. Ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, seperti :

- Operasi pengangkatan tulang. Prosedur ini biasanya dilakukan saat kanker belum menyebar keluar tulang. Pada bagian tulang atau sendi yang terinfeksi kanker ini akan diangkat dan digantikan dengan tulang atau sendi buatan. Operasi ini juga masih bisa diterapkan apabila kanker baru menyebar ke jaringan-jaringan di sekitarnya.

- Amputasi. Hal yang biasa dilalukan jika kanker tidak berhasil ditangani dengan operasi pengangkatan tulang dan kanker ini telah menyebar, misalnya menuju saraf, pembuluh darah, serta kulit.

- Kemoterapi adalah metode pengobatan kanker yang melibatkan pemberian sejumlah obat-obatan. Pada penyakit ini, obat-obatan diinfuskan ke dalam pembulu darah.
Kemoterapi biasanya dilakukan sebelum operasi dengan tujuan menyusutkan kanker agar tidak perlu dilakukan amputasi, serta dilakukan setelah operasi agar kanker tidak muncul kembali. Jika penderita penyakit ini sudah tidak bisa ditangani dengan cara apapun, kemoterapi biasanya diberikan denga tujuan untuk memperlambat ginjal. Waktu pelaksanaan kemoterapi biasanya dibagi menjadi beberapa siklus. Tiap siklus biasanya dipisahkan oleh jeda waktu beberapa minggu, hal ini bertujuan agar penderita dapat memulihkan diri dari efek kemoterapi. Efek samping terapi adalah rambut rontok, rasa lelah, sariawan, diare, mual dan muntah, serta lemahnya kekebalan tubuh. Efek samping ini akan hilang setelah terapi berakhir.

- Radioterapi, metode yang dilakukan dengan menggunakan pancaran radiasi untuk menghancurkan sel kanker. terapi ini bisa digunakan sebelum atau sesudah operasi. Metode ini biasanya dilakukan sebnayak lima sesi dakam seminggu dan satu sesi biasanya berlangsung sekitar 15 menit. Sama halnya dengan terapi sebelumnya, terapi ini juga mempunyai efek samping seperti, lelah, rambut rontok, nyeri sendi, mual iritasi dan kemerahan pada kulit. Efek samping akan hilang setelah terapi berakhir.

Pengobatan Herbal Kanker Tulang

Adapun cara pengobatan kanker ini, dengan menggunakan pengobatan herbal, anda bisa menggunakan obat herbal alami yaitu ace maxs, karena di di dalam obat herbal ace maxs terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti ekstra kulit manggis dan daun sirsak yang kedua bahan ini mengandung zat-zat yang mampu sembuhkan penyakit seperti kanker tulang. Khasiat kulit manggis mengandung kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Sedangkan daun sirsak mengandung senyawa acetogenins yang terdapat dalam ekstrak daun sirsak mampu mengatasi kanker.

Jika anda masih kurang mengetahui tentang pengobatan kanker tulang mungkin informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Semoga informasi diatas bisa menjadi saran untuk anda yang mengalami atau menderita kanker tulang untuk segera melakukan pengobatan.