Kanker Vagina - Penyebab dan Gejala, serta Pengobatannya

Kanker vagina adalah jenis kanker yang terdapat pada vagina yaitu saluran penghubung antara leher rahim dengan areal luar rahim untuk jalan keluar bayi ketika hendak bersalin normal. Kanker ini termasuk langka, dimana sel kanker berkembangbiak di vagina. Kanker ini dapat datang tanpa tanda-tanda. Pap smear merupakan salah satu cara untuk tindakan pencegahan dan mengetahui apakah terdapat kanker atau tidak di bagian vagina Anda. Metode yang biasa digunakan untuk mendiagnosis kanker ini adalah menanyakan tanda dan gejalanya kepada pasien lalu memeriksa fisik bagian dalam dan luar vagina. Tes darah, Biopsi, Kolposkopi dan Pap smear merupakan metode-metode yang umum digunakan untuk mendiagnosa kanker ini.

Jenis Kanker Vagina

iklanalt=

Di Negara maju seperti Amerika serikat, jenis kanker ini lebih sering menyerang wanita berkulit hitam jika dibandingkan dengan kulit putih. Kanker ini terbagi menjadi dua jenis. Kanker sekunder, adalah kanker yang pertama kali muncul di bagian tubuh lain, namun menjalar ke vagina. Contohnya dari kanker serviks (leher rahim) lalu berkembang pada bagian vagina. Kanker Primer Kondisi kanker primer ini sangat jarang terjadi apabila dibandingkan dengan sekunder. Yaitu dimana sel kanker tumbuh di vagina. Kedua jenis yang sudah disebitkan diatas masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa jenis kanker vagina, yaitu:

-Karsinoma sel skuamosa
Sel kanker tumbuh tampak seperti kutil di bagian arah rongga vagina. Sering ditemukan pada wanita usia 60-80tahun.
-Adenokarsinoma
Sel kanker tumbuh pada vagina, dan terjadi pada wanita muda. Dengan usia dari 12-30 tahun
-Melanoma maligna
Kondisi kanker ini seringkali ditemukan pada bagian bawah vagina
-Sarkoma (2-3%)
Sel kanker tumbuh jauh di dalam dinding vagina, menyerang wanita usia 50 tahun ketas.

Vagina merupakan salah satu mahkota wanita yang wajib untuk dipelihara dan dijaga kesehatannya agar berbagai macam jenis penyakit tidak menyerang area intim dari wanita ini. Kanker yang dikenal dengan sifatnya yang mematikan tentunya harus diwaspadai dan dicegah. itulah pengertian dan jenis kanker vagina yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Ciri-Ciri Kanker Vagina

Kanker Vagina

Kanker ini merupakan tumor ganas yang menyerang vagina dan membutuhkan tindakan pengobatan. Penyebabnya bisa dari infeksi yang terjadi akibat virus, dari luar vagina dan juga dapat terjadi akibat sel kanker yang tumbuh pada organ reproduksi. Bergonta-ganti pasangan seks merupakan salah satu penyebab kanker ini. Kanker ini dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada lapisan vagina sehingga menimbulkan luka, lalu infeksi dan mengalami pendarahan. Fungsi dari vagina menjadi terganggu dan timbulrasa nyeri saat berkemih. Bahkan pada stadium lanjut dapat menimbulkan nyeri pada pangggul.

Ciri-ciri kanker ini bisa dikenal dari gejala-gejalanya, seperti: munculnya cairan putih yang disertai dengan darah, air kencing yang bercampur dengan darah, nyeri saat berkemih dan gatal serta adanya benjolan pada bagian vagina. Ciri dari kanker ini juga dpat dilihat dari terjadinya konstipasi atau sembelit, ketika mengeluarkan urin muncul rasa nyeri bahkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

Salah satu penyebab dari kanker wanita ini juga dapat timbul dari terlalu banyaknya pasangan intim sehingga mengakibatkan infeksi pada vagina. Hubungan intim menyebabkan pendarahan juga dapat dikategorikan sebagai ciri dari kanker vagina. Organ wanita ini harus mendapatkan perawatan yang lebih, karena merupakan organ penting wanita selain payudara dan organ reproduksi. Oleh karena itu, jika merasakan gejala serta terdapat ciri-ciri diatas, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter agar pengobatan segera dilakukan.

Penyebab dan Gejala Kanker Vagina

Kanker vagina adalah momok yang seringkali menakutkan para wanita, karena penyakit ini menyerang areal intim wanita. Kanker yang tumbuh di vagina ataupun kanker yang dari organ lain yang menjalar ke vagina memang seharusnya segera dicegah. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dan bagaimanakah gejala-gejala yang timbul akibat penyakit kanker ini? kami merangkumnya disini. Penyebab utama dari kanker ini yaitu terinfeksi virus HPV bahkan bisa juga karena HIV. Virus bisa saja datang dari kebiasaan bergonta-ganti pasangan seksual, sehingga menular melalui hubungan intim. Beberapa yang menjadi penyebab kanker vagina juga dapat berasal dari:

-Sel abnormal pada vagina
-Polusi udara seperti rokok
-Berhubungan intim pertama pada usia muda
-Mempunyai penyakit kanker pada organ reproduksi

Seperti yang dikatakan pada artikel sebelumnya tentang pengertian dan jenis kanker vagina, bahwa kanker ini hampir umumnya tidak memiliki gejala. Oleh karena itu, seringkali pasien berobat dalam kondisi stadium yang parah atau kronis. Namun, ada beberapa gejala yang dapat dikenal, yaitu:

-Gatal pada vagina
-Keluar cairan putih berbau mengandung darah
-Nyeri saat buang air kecil
-Sakit saat berhubungan intim
-Air kencing bercampur darah
-Sakit atau nyeri di rongga panggul
-Pendarahan setelah berhubungan intim
-Benjolan pada vagina

Itulah beberapa penyebab dan gejala kanker vagina yang umum. Jika ingin melakukan pencegahan, silahkan lihat penyebab dari kanker ini lalu jangan dilakukan. Apabila ingin mengetahui apakah trserang kanker ini atau tidak, lakukan pemeriksaan setelah Anda merasakan gejala-gejala yang tetera di atas.

Pengobatan Herbal Kanker Vagina

Pengobatan yang bisa dijalani untuk mengobati kanker vagina yaitu melalui Radioterapi, eksternal maupun internal. Namun memiliki efek samping seperti hilangnya gairah seksual, kulit kemerahan, nyeri BAK, keputihan, kelelahan, ketidaksuburan dan penyempitan vagina. Adakah metode yang baik untuk menyembuhkan penyakit kanker ini? Pengobatanherbal merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk mengobati penyakit kanker vagina ini. Bagaimana caranya? yaitu dengan metode tradisional, herbal dan alami yang menggunakan bahan dari alam. Terdapat banyak tumbuhan atau tanaman yang dapat mengobati kanker, seperti daun sirsak, kulit manggis, sarang semut, kunyit putih, keladi tikus, daun belimbing dan tapak dara. Herbal tersebut adalah beberapa tanaman yang dapat membantu mengatasi kanker tanpa efek samping.

Daun Sirsak
Dikenal sebagai obat kanker tradisional yang sekarang booming digunakan sebagai pengobatan herbal kanker yang minim efek samping. Kandungan yang terdapat didalamnya yaitu acetogenins yang bekerja secara terarah pada kanker tanpa mengganggu sel sehat. Daun sirsak bida dimanfatkan untuk pengobatan herbal kanker vagina.

Kulit Manggis
Tidak kalah terkenal dengan daun sirsak, kulit manggis juga disebut-sebut sebagai obat kanker tradisional yang ampuh dalam menggempur sel kanker secara efektif tanpa menimbulkan efek negatif terhadap tubuh. Mengandung antioksidan super yang dikenal dengan nama xanthone, kulit manggis dapat digunakan untuk mengatasi kanker vagina.

Sarang Semut
Kanker serivks banyak disembuhkan oleh herbal yang satu ini, yaitu sarang semut papua. Mengandung antioksidan tinggi sejenis flavonoid, tokoferol, dan polifenol. Mampu menggempur sel kanker secara bertahap, alami dan aman.

Keladi Tikus
Herbal keladi tikus mengandung fitol, senyawa yang dapat menghancurkan sel kanker dengan efektif. Caranya unik, yaitu dengan melewati induksian di bagian apoptosis, artinya sel kanker bunuh diri karena tidak mendapatkan asupan makanan. keladi tikus adalah tanaman yang bersifat sitotoksik pada sel abnormal. Dinamai keladi tikus karena memiliki bentuk seperti tikus.

Pengobatan herbal dapat dimanfaatkan untuk solusi sehat dan alternatif mengatasi kanker. Namun butuh resep yang benar agar khasiatnya dapat dirasakan. Itulah informasi pengobatan herbal kanker vagina yang bisa kami sampaikan, semoga membantu dan bermanfaat.