Neuroblastoma - Tanda Gejala dan Penyebabnya

Neuroblastoma adalah jenis kanker yang rawan menyerang anak-anak. Kanker yang sering dialami anak dengan menyerang sistem saraf. Kanker ini banyak ditemukan berasal dari jaringan kelenjar adrenal pada perut. Lalu menjalar ke kelenjar getah bening, hati, sumsum tulang dan tulang.

Kanker ini terbagi menjadi 3 kondisi yakni, stadium rendah, menengah dan tinggi. Stadium rendah biasanya muncul pada bayi dan dapat ditangani tanpa operasi. Berbeda dengan stadium tinggi, yaitu dimana sel kanker sudah merambat ke organ tubuh lainnya. Penyakit ini dapat muncul sejak pasien dalam kandungan dan termasuk jenis kanker yang langka. Daerah sekitar mata, perut, dada, tulang belakang, kaki dan pinggul, sumsum tulang seringklai menjadi tempat sel kanker ini berkembang. Salah satu gejala yang paling umum dari kanker ini adalah benjolan pada perut, terlihat bengkak dan tidak sakit apabila disentuh.

Untuk mengetahui kanker ini perlu dilakukan ter darah, urine dan pengambilan foto bagian tubuh dengan CT scan, X-rays, Ultrasound, MRI dan scan tulang serta biopsi. Beberapa hali juga menyarankan untuk melakukan MIBG scintiscan, pengambilan gambar dua dimensi dari sel neuroblastoma memastikan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Keberadaan kanker juga dpat dideteksi saat di dalam kandungan, melalui USG atau Ultrasonografi. Karena penyakit ini menyerang anak atau bayi, tentunya membutuhkan banyak ahli dibidangnya. Selain itu, kanker ini dikenal sebagai penyakit yang mematikan serta jarang sembuh.

Faktor Penyebab Neuroblastoma

iklanalt=

Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya neuroblastoma yaitu paparan bahan kimia, seperti merokok, alkohol serta penggunaan obat selama masa kehamilan. Beberapa penelitian juga mengatakan paparan penggunaan horomone dan obat kesuburan pada ibu hamil bisa menjadi faktor terjadinya penyakit ini. Neuroblastoma adalah kanker yang menyerang anak-anak. Terjadi pada sistem saraf dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh. beberapa ciri yang dapat dikenali jika terkena penyakit ini yaitu munculnya gejala seperti kulit terlihat pucat dan di sekeliling mata tampak lingkaran hitam. Kanker jenis ini dapat menyerang bagian perut, mata, dada dan tulang belakang. Dapat menyebar sampai ke tulang yang menimbulkan rasa nyeri, sampai ke sumsum tulang mengakibatkan turunnya trombosit, anemia dan sangat rentan terinfeksi.

Ciri lain yang dapat nampak pada penderita kanker ini yaitu rasa tidak enak badan yang tidak kunjung hilang, bahkan sampai berminggu-minggu. Gerakan mata yang tidak terkendali, keluar keringat berlebihan yang disertai kelelahan. Jika sel kanker menyebar ke paru-paru maka dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Sekitar 75%, kanker ini diderita oleh anak-anak. Kanker ganas yang seringkali membuat anak rewel, mengeluh sakit dibagian perut. Tindakan terbaik adalah segera memberikan pertolongan medis untuk mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Waspada dengan pembesaran perut anak, segera lakukan pemeriksaan kepada seorang ahli ataupun rumah sakit. Kenali secara dini lalu segera berobat, semakin cepat maka semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit ini tergantung pada lokasinya, usia dan penyebarannya. Pembedahan dan kemoterapi merupakan beberapa dari pengoabtan yang paling umum untuk menghilangkan kanker jenis ini.

Tanda Gejala Kanker Neuroblastoma

Neuroblastoma

Kanker ini seringkali manjadi ancaman anak atau bayi yang sejak dalam kandungan terpapar oleh bahan kimia seperti asal rokok, obat-obatan dan alkohol. Kanker langka ini dapat beresiko kematian pada anak sehingga menjadi cambuk bagi para ibu hamil yang merokok dan konsumsi obat-obatan. Sampai hari ini penyebab utamanya belum ditemukan, tumor terbentuk dari neuroblasts yang pada bayi normal tidak tersisa lagi saat dilahirkan. Pada bayi yang menderita neuroblastoma, justru terbentuk sehingga menjadi tumor ganas. Kanker ini diduga berhubungan erat dengan genetik, faktod lingkungan dan ras.

Gejala yang ditimbulkan akibat kondisi abnormal tersebut dapat dilihat melalui pemeriksaan. Jenis kanker pengancam anak-anak ini juga muncul dengan gejala seperti di bawah ini:

Lebam di sekitar mata membentuk lingkaran
Propotosis (Tonjolan Bola Mata)
Benjolan di Bawah Kulit
Demam dan Nyeuri Punggung
Ngilu Pada Tulang
Penurunan Berat Badan

Seperti yang ditulis pada artikel sebelumnya tentang pengertian dan jenis kanker neuroblastoma, bahwa gejala umum bisa berupa benjolan pada perut, di dada dan leher. Benjolan tidak terasa sakit apabila disentuh atau dipegang disertai dengan nafsu makan yang berkurang. kanker ini menekan sel-sel saraf tertentu pada leher ataupun dada yang dapat mengakibatkan symptom lain, contohnya kondisi pupil mata mengecil dan kelopak mata kendur. Dari sana secara mudah kanker tersebut dapat dikenali, namun untuk membuktikan kepastiannya tetap harus menggunakan pemeriksaan medis.